OPINI : PERINGATAN HARI BESAR FORMALITAS BELAKA

source : disini

Kerap dalam memperingati hari besar nasional, kita mengenakan pakaian adat. Berpose dengan gagah dan cantik, wajah penuh semangat dan tangan terkepal, seolah memberi pesan : Lihat kami, Kami memperingatinya dengan sepenuh hati

tapi apa kita benar-benar melaksanakan esensi dari “memperingati” tersebut?

Sewa baju,

Bongkar lemari pribadi,

pinjam baju teman, dan lain lain.

Sayangnya banyak dari kita yang (mungkin) hanya memakai sebentar untuk foto di depan tv sebagai laporan untuk kantor (bagi yang ASN), boro2 mengikuti dari awal sampai akhir, mungkin berdiri didepan tv hanya untuk didokumentaiskan belaka. Mubazir gak ? mubazir gak?

Mubazir menurutku, jangan jadikan effortmu itu sebagai formalitas belaka.

Pancasila dalam tindakan bersatu untuk Indonesia tangguh

Tema Hari Lahir Pancasila pada tahun 2021

Pancasila adalah dasar negara dan ideologi yang dianut oleh Negara Indonesia dari hasil pemikiran mendalam oleh para pendiri bangsa sebagai dasar atau fondasi dibentuknya Negara Kesatuan Repulik Indonesia atau NKRI. Terdapat 5 (lima) sila di dalamnya yang menjadi falsafah kita dalam hidup berbangsa bernegara. (source : wiki)

Misalnya, Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, kita percaya serta melaksanakan apa yang Tuhan perintahkan dalam ajara agama yang kita imani.

Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab, Memperlakukan semua manusia sama sesuai Hak Asasi Manusia yang melekat, tanpa membedakan berdasarkan ras, agama, jabatan, warna kulit, suku, dan lain-lainnya

Persatuan Indonesia, Menjaga persatuan masyarakat dan bangsa dengan pemikiran bahwa kita semua adalah saudara, tidak mudah mempercayai isu-isu yang bisa merusak kerukunan bersama.

Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Pemusyawaratan Perwakilan , Melaksanakan diskusi atau pembahasan bersama dalam memutuskan sebuah keputusan yang kiranya membawa dampak pada orang lain.

Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, Terutama bagi kita yang memiliki kuasa dalam memberi layanan kepada masyarakat, bahwa seluruh masyarakat harus mendapatkan kesempatan dan perlakuan yang sama.

Di atas hanyalah beberapa contoh dari penerapan pancasila dalam kehidupan sehari-hari kita, memakai pakaian adat dalam memperingati hari Pancasila merupakan kegiatan yang baik, sebagai pengingat betapa kayanya kebudayaan yang kita miliki. Menaikkan kebanggan dan pengetahuan diri terhadap identitas bangsa.

Namun ada hal lain yang lebih baik, yaitu mencoba menerapkan inti dari masing-masing sila tersebut ke dalam sikap kita dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Inshalalah, Hari Besar Nasional akan menjadi lebih bermakna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s